Madu Sebagai Obat

Obat Alami untuk Batuk dan Sakit Tenggorokan

Madu telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu untuk membantu penyembuhan penyakit, seperti demam, flu dan sakit tenggorokan. Penelitian telah menemukan beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan seperti virus flu, demam, sinusitis, alergi, merokok dan lain-lain. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri streptococcus yang biasanya diatasi dengan meminum antibiotik. Bagi penderita apabila berhari-hari tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.  Waktu dan istirahat yang cukup akan menyembuhkan sakit tenggorokan Anda, untuk mengurangi iritasinya, cobalah meminum 1 sendok makan madu, atau Anda dapat mencampurkan madu kedalam minuman Anda. Jika vitamin C diperlukan, madu dapat dicampur dengan jeruk atau perasan lemon.

Madu dapat Meredakan Batuk

Madu juga diketahui dapat meredakan batuk. Hal yang paling menyebabkan dari batuk adalah terganggunya tidur dimalam hari yang disebabkan rasa gatal pada tenggorokan. Kasihan jika batuk menyerang pada anak-anak, selain menyebabkan kesulitan tidur, anak pun menjadi rewel. Kesulitan tidur dapat mengganggu masa pertumbuhan mereka. Cobalah berikan madu sebelum tidur untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

Tetapi ada hal yang harus diperhatikan, madu tidak boleh diberikan kepada anak usia dibawah 1 tahun. Madu aman untuk anak-anak diatas 1 tahun dan orang dewasa.

Tinggalkan komentar

Membahas 1000 manfaat madu bagi kehidupan